Weather (state,county)

Breaking News

Jalin silaturahmi, Fodisai temui tokoh Sungkai Selatan.


Sungkai selatan-sungkaibungamayang.com
Forum Muda Mudi Sungkai atau disingkat Fodisai merupakan suatu wadah organisasi kepemudaan yang salah satunya bertujuan untuk melestarikan adat seni dan budaya Lampung di lngkungan marga Sungkai Bungamayang Lampung Utara. Organisasi yang baru terbentuk lebih kurang sembilan bulan ini telah beberapa kali mengadakan kegiatan pentas seni, bakti sosial dan lain sebagainya.

Untuk memperlancar kegiatan-kegiatan tersebut Fodisai terus meningkatkan jalinan kekompakan dan kebersamaan antar kaum Pemuda dan Tokoh-tokoh masyarakat maupun tokoh adat setempat.

Diantaranya hari minggu 28 Juni 2020 Fodisai berkunjung di kediaman Abdurrahman yang merupakan salah satu tokoh masyarakat yang ada di Sungkai, pertemuan tersebut diwakili oleh 5 orang pemuda diantaranya Ketua umum Fodisai Eeng, Bendahara Fodisai Haryadi Pranata SH, Sekretaris Fodisai Ali Nizar SH, dan Haidar selaku Ketua kecamatan Fodisai Sungkai Barat. Kunjungan perwakilan Fodisai tersebut disambut baik oleh Bpk Abdurahman di kediamannya di Desa Gedung Ketapang Sungkai Selatan.


Dalam pertemuan yang berlangsung selama lebih kurang 2 jam tersebut Abdurrahman aktif memberikan motivasi dan dorongan kepada khususnya pemuda yang ada di sungkai untuk terus giat dan aktif melestarikan adat seni dan budaya Lampung di lingkungan marga sungkai Bungamayang yang notabene nya mencakup 8 kecamatan, 86 Desa, 48 Tiyuh (Kampung Adat), dan dalam 7 kebuayan (Kekeluargaan Besar).

“Saya mengharapkan kepada muda mudi sungkai khususnya kalian adinda-adindaku yang ada disini untuk mengajak teman-teman kalian yang lain agar bisa menjadi generasi yang aktif dalam melestarikan kegiatan-kegiatan di bidang adat seni dan budaya kita (Lampung)” Ujar Pak Ajo sapaan akrabnya ini

Selain itu juga Eeng dan rekan-rekannya aktif bertanya dan meminta pendapat kepada pak Abdurrahman yang memang dikenal gemar akan kegiatan-kegiatan dibidang kesenian dan kebudayaan tersebut.  Abdurrahman juga bersedia sedikit banyaknya membantu sumbangsih pikiran dan masukan untuk mendukung kegiatan-kegiatan Pemuda-pemuda Sungkai.

“saya akan membantu sebisa saya agar kita bisa bersama-sama mengadakan kegiatan atau pelatihan yang bertujuan positif ini, karena walau bagaimanapun arus modernisasi teknologi kita saat ini tapi kita tetap harus menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan kebudayaan kita” Pungkas laki-laki 43 tahun yang murah senyum itu

Selain itu Eeng saat diwawancarai Tim Sungkaibungamayang.com mengatakan bahwa Forum Muda Mudi Sungkai akan berkomitmen untuk terus aktif belajar mengenai adat seni dan budaya Lampung.

“Dizaman sekarang ini kita sangat perlu identitas sebagai pemuda Lampung yang harusnya belajar mengenai Adat Seni dan Budaya Lampung karena sebagaimana nasehat dari pembina kami Adi Sanjaya SE,MM gelar Suntan Ratu Anom Jaya Sempurna bahwasanya adat seni budaya bukan untuk membuat kita terasa jadul (jaman dulu) tapi untuk membuat kita kuat dan saling menyebarkan kebaikan-kebaikan dilingkungan masyarakat” Ujar Eeng Ketua Umum Fodisai ini sembari mengutip perkataan dari Pembina Fodisai Adi Sanjaya SE,MM.

Eeng pun menambahkan bahwasanya kegiatan-kegiatan pemuda pemudi sungkai tersebut tidak akan berjalan tanpa dukungan dan bimbingan dari para tokoh ataupun masyarakat biasa yang ada di Sungkai

“Kunjungan kami malam ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan meminta nasihat serta motivasi dari Bpk. Abdurahman yang setahu kami beliau sangat aktif dan antusias terhadap kegiatan yang bernuansa seni budaya dan melibatkan anak-anak muda , selain itu kami juga berharap kunjungan seperti ini dapat rutin di laksanakan oleh setiap perwakilan-perwakilan Forum Muda Mudi Sungkai di 8 Kecamatan yang lain” tutup nya. * ERS

Tidak ada komentar